Cara Membuat Blog Gratis Sendiri Untuk Blogger Pemula

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger ~ Bikin blog gratis menggunakan blogger sebenarnya sangatlah mudah. Tetapi bagi pemula yang baru mengenal dan sedang mencari tahu cara membuat blog tentu akan mengalami kesulitan.

Sebuah blog bisa berisi tulisan pengalaman pribadi, curhat, pengetahuan umum, tutorial, puisi, bisnis, toko online atau apa saja yang ditulis menggunakan editor blog kemudian dilakukan publikasi ke internet.

Sebenarnya tujuan utama pembuatan blog adalah berbagi pengetahuan ke khalayak umum melalui media internet tetapi saat ini sudah banyak yang bikin blog untuk mencari uang lewat internet, ber-bisnis bahkan ber-politik.

Oh ya.... Pembahasan artikel cara membuat blog ini sengaja saya gunakan platform gratis dari Google yaitu blogger,  Saya kira untuk pemula yang masih awam akan lebih nyaman menggunakan platform ini yang hingga saat ini masih gratis he he he...

Dan karena itu....... Setelah blog Anda jadi maka akan menggunakan subdomain blogspot, contohnya seperti ini : http://caramadia.blogspot.com.

Sebelum mulai membahas cara membuat blog gratis ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut untuk jangka panjang :

1. Tentukan mau membuat blog tentang apa ?

Sebenarnya hal ini bebas-bebas saja terserah Anda mau nulis tentang apapun, Tapi kalau boleh saya sarankan untuk jangka panjang usahakan sebisa mungkin Anda menulis tentang materi yang disukai, sebisa mungkin bukan blog gado-gado dan serius mempelajari blog jika ingin sukses di blog.

Di dunia ini setiap hari selalu ada yang membuat blog baru, apalagi yang namanya artikel pasti lebih banyak lagi. Fakta menunjukkan bahwa lebih dari 2 juta konten diterbitkan setiap hari. Tetapi tidak sampai 50% dari keseluruhan jumlah tersebut dapat mencapai 10000 pengunjung setiap bulan.

Hal tersebut di atas bukan sesuatu yang tidak akan terjadi apabila :

  • Anda membuat topik blog yang tidak jelas
  • Konten tidak menarik / asal-asalan
  • Topik yang ditawarkan tidak diminati pengunjung
  • Topik tidak bermanfaat bagi pengunjung

Untuk sukses di blog tidaklah perlu harus mahir dulu akan sesuatu hal tapi paling tidak Anda harus suka mengenai materi yang akan dibahas agar nantinya tidak terbengkalai hanya dalam tempo beberapa bulan saja. Setelah itu... OFF dan blog tidak terurus lagi. Usahakan pula tidak memilih topik yang mengundang permasalahan dengan hukum (hak cipta), misalnya lagu-lagu , film dan lain-lain.

2. Mengelola blog perlu waktu

Jangan berharap bahwa setelah tahu cara bikin blog lalu buat beberapa artikel terus bisa menjadi sukses dan mendapatkan penghasilan. Mengelola blog perlu waktu yang tidak sedikit...

Ya.. sebuah blog tidak akan bisa eksis dalam pencarian hanya dalam tempo singkat. Blogging perlu waktu, tenaga, fokus dan kesabaran. Terutama bagi Anda yang berniat mencari uang lewat blog harus mengeluarkan energi ekstra lagi.

Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti Anda. Hanya sekedar berbagi cerita dan pengalaman saja selagi Anda kebetulan sedang membaca artikel cara membuat blog ini.

3. Jangan Copy Paste dari blog lain

Hal yang paling saya tidak suka adalah adanya copy paste dari blogger yang tidak bertanggung jawab. Secara halfiah memang sebuah blog adalah berbagi tetapi bukan berarti bebas untuk dilakukan copy paste.

Itu bisa dikatakan mencuri dengan terang-terangan. Bayangkan bila artikel yang sudah capek-capek Anda tulis lalu dicopy orang lain begitu saja dan dipastekan di blognya yang akan memberikan keburukan terhadap SEO. Saya sungguh sangat-sangat tidak menyarankan Anda berbuat seperti itu...Karena bila hal seperti itu terjadi maka saya yakin tidak akan ada hasil apa - apa sebagai blogger.

4. Jalin Persahabatan Antar Sesama Blogger

Ilmu tidak ada batasnya... sesama blogger akan saling membutuhkan, Dengan menjalin persahabatan antar blogger maka kita dapat saling sharing ilmu, saling sirahturahmi, saling bantu bila ada kesulitan bahkan berbagi backlink he he.

Ok.., Sekarang langsung saja kita pelajari bagaimana cara membuat blog sendiri gratis , perhatikan langkah - langkah nya :

cara membuat blog gratis sendiri untuk blogger pemula (bikin blog)

Cara Membuat Blog dari Blogger

1. Buat Email Gmail terlebih dahulu, jika belum tahu caranya, silahkan baca cara membuat email baru gmail Indonesia.

Kenapa harus menggunakan Email Gmail ? Kenapa tidak menggunakan Email Yahoo ? Kita tahu bahwa Blogger dan Gmail adalah sama-sama produk keluaran Google jadi pihaknya mensyaratkan harus menggunakan Email Gmail.

Selain itu sebuah email sangatlah penting, Karena hampir semua produk internet memerlukan email sebagai alat untuk memulainya (login). Misalnya : Facebook, Intagram, Twitter dan lain-lain.

Setelah Anda mempunyai email sebaiknya dicatat kemudian simpan USERNAME dan PASSWORD ditempat yang aman.

Lanjut lagi...

2. Ketik di browser Anda, www.blogger.com kemudian tekan ENTER. Akan terbuka menu baru untuk login ke blogger.

cara membuat blog gratis

3. Silahkan isikan EMAIL Anda dan PASSWORD yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tekan ENTER atau klik Sign In. Perhatikan juga huruf-huruf yang digunakan, Karena login sangatlah sensitif, Bila ada 1 huruf saja yang tidak sama persis maka tidak akan bisa login.

4. Akan terbuka layar baru , klik saja kotak bertuliskan "Blog Baru" kemudian tekan ENTER

cara membuat blog sendiri


5. Anda akan memasuki layar baru, silahkan isi JUDUL BLOG, buatlah judul yang sesuai dengan thema blog, upayakan jangan terlalu panjang.


cara membuat blog pribadi


6. Isi alamat blog

Buatlah alamat blog yang tidak terlalu panjang agar mudah mengingatnya, kapasitas yang diijinkan adalah 15 karakter lebih dari itu tidak akan bisa.

Jika alamat blog yang anda ketikan belum ada yang miliki / gunakan maka akan tampil "alamat ini tersedia" , tetapi jika alamatnya sudah ada yang menggunakannya maka akan ada pesan " maaf, alamat ini tidak tersedia" dan tanda seru (!) berwarna kuning maka Anda harus mencoba alamat baru lagi. Tips : jika tidak memungkinkan Anda bisa menyisipkan angka atau tanda strip ( - ).

catatan :
Jika memungkinkan Alamat blog berisi kata kunci yang ditargetkan !

7. Setelah menemukan dan mengisi alamat yang cocok , maka lihat ke bagian bawah dan pilih TEMPLATE yang menurut selera Anda.


cara membuat blog sendiri ~ cara bikin blog


Pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan kemudian klik saja "buat blog!", Karena Anda baru belajar cara membuat blog maka saran saya gunakan yang pertama ( tipe sederhana) saja, template ini berfungsi sebagai tampilan atau boleh dikatakan sebagai kulit dari sebuah blog. Nantinya template ini dapat Anda ganti sesuai dengan kehendak.

baca juga : cara mengganti template blog

Nah, Sampai di sini cara membuat blog sudah selesai,

Tunggu dulu ...!!  Blog Anda belum didaftarkan ke mesin pencari,.. Tapi ...

Perlukah Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari Google ?


Begini...Blog yang sudah Anda buat belumlah bisa terbaca oleh search engine (mesin pencari) Google jadi tidak akan bisa ditemukan bila Anda atau seseorang mengetikkan alamat blog Anda

Karena itu ....Anda perlu mendaftarkan blog ke mesin pencari terlebih dahulu.

Caranya .....

1. Ketikkan di browser https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url  dan ENTER
2. Masukkan USERNAME dan PASSWORD jika diminta
3. Masukkan alamat blog yang sudah dibuat
4. Masukkan teks yang terlihat pada bidang kosong bertuliskan 'Ketik teks'
5. Klik 'Kirim Permintaan'

cara membuat blog gratis

6. Selesai cara mendaftarkan blog ke search engine Google.

Biasanya alamat blog yang sudah didaftarkan perlu sekitar kurang dari 2 hari untuk diproses. Jadi sambil menunggu proses tersebut Anda bisa mensubmit sitemap ke Google / kirim peta situs ke Google Webmasters Tools.

Mengapa Harus Mengirim Sitemap Blog Ke Mesin Pencari Google ?


Kenapa harus mengirim peta situs (sitemap blog)? Bukankah sudah cukup dengan mendaftarkan blog !
Berikut ini penjelasannya ...

Mengirimkan peta situs ke mesin pencari bermaksud untuk melaporkan peta situs / isi blog Anda ke mesin pencari Google agar artikel yang sudah ditulis dapat terbaca (terindeks) oleh mesin pencari.

Lain halnya dengan mendaftarkan blog, Yang hanya mendaftarkan alamat blog saja sedangkan isinya belum...

Selain itu mengirimkan peta situs ke Google Webmasters Tools membuat kita dapat memantau kesehatan situs / blog misalnya mengetahui berapa banyak backlink yang menuju blog, ada tidak error yang terjadi, apakah ada duplikasi deskripsi dan lain sebagainya.

untuk jelasnya baca CARA SUBMIT SITEMAP BLOG KE GOOGLE WEBMASTERS TOOLS

Memang masih banyak mesin pencari yang lain selain Google, Tapi saya rekomendasikan ini karena hingga saat ini pencarian terbesar adalah berasal dari Google. Silahkan saja bila Anda ingin mendaftarkan blog ke mesin pencari Bing, Yandex dll.

Sekarang blog Anda sudah siap untuk diisikan dengan artikel, Silahkan kreasikan sendiri dalam bentuk tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk orang lain karena tujuan utama ngeblog adalah berbagi, Jadi jangan ragu untuk berbagi apa saja yang Anda ketahui, yang Anda kuasai atau pun pengalaman - pengalaman yang terjadi dengan Anda.

Menulis Artikel juga harus Tahu Fungsi Icon di Editor Blog


Karena artikel ini untuk blogger pemula yang sedang belajar cara membuat blog gratis maka sebelum mulai menulis ada baiknya perhatikan fungsi dari icon-icon yang ada di editor menulis (lihat gambar di bawah ini )

cara membuat blog gratis sendiri


berikut ini fungsi-fungsinya :

  1. Tempat untuk meletakkan JUDUL ARTIKEL
  2. Untuk PUBLIKASI artikel yang sudah selesai ditulis
  3. Simpan Artikel, artikel yang disimpan akan berbentuk DRAFT. Untuk mengedit artikel yang belum selesai ditulis  klik POS  artikel DRAFT Edit
  4. Melihat bentuk artikel yang sedang ditulis
  5. Menutup editor blog
  6. Compose ~ tampilan editor bentuk rich text,  HTML ~ tampilan editor dalam bentuk kode-kode
  7. Undo, Redo - mengembalikan bentuk sebelumnya dan memajukan ke bentuk semula
  8. Pilihan bentuk tulisan yang diketik di editor blog
  9. Memberitahukan ke mesin pencari urutan kepentingan text dari yang paling penting (Heading) hingga minor heading (kurang penting).
  10. Pilihan untuk menekan huruf / text untuk perhatian pembaca
  11. Memberi warna teks dan latar belakang teks
  12. Membuat tautan artikel
  13. Menyisipkan gambar atau video
  14. Menyisipkan / memotong artikel agar tidak tampil di halaman utama
  15. Memberikan bentuk tulisan, meratakan ke kiri, ke kanan, seimbang, terpusat di tengah
  16. Memberikan tanda dan mengurutkan bentuk teks
  17. Quote - menyisipkan tulisan kutipan
  18. Menghilangkan seluruh format yang sudah diatur sebelumnya
  19. Mengoreksi pengejaan, Untuk saat ini hanya bisa digunakan pada Bahasa Inggris saja
  20. Label - Mengelompokkan artikel
  21. Jadwal - Mengatur jadwal publikasi
  22. Link - Membuat link otomatis dan khusus
  23. Lokasi -> Lokasi saat membuat artikel blog
  24. Deskripsi Penelusuran - memberikan gambaran singkat mengenai artikel yang sedang dibuat
  25. Pilihan - abaikan saja
  26. Tag Robot Khusus - Set default saja
  27. Tempat menulis artikel / postingan

Tips Menulis Artikel Berkualitas

Menulis di artikel tidaklah sama seperti menulis di buku.... Tetapi sama sama memiliki hal yang sama  yaitu untuk dibaca manusia., jadi setelah Anda belajar cara membuat blog ... kini Anda juga harus tahu cara menulis artikel berkualitas , Silahkan disimak tips-tips berikut ini :

1. Perhatikan karakter pembaca, anak-anak, anak muda, wanita dewasa atau laki-laki dewasa, Target usia pembaca yang berbeda .. akan berbeda pula cara nulis artikel ..
maksudnya gaya bahasanya. Misalnya target audience Anda adalah anak muda maka gunakanlah bahasa anak muda yang santai...

biasanya kalau anak muda mendapatkan bahasa yang kaku akan cepat kabur dari blog Anda he he he

Kalau target nya anak-anak tentu lain lagi bahasa yang digunakan...

Jadi sangat penting memikirkan target pembaca untuk menyesuaikan isi artikel saat menulis artikel menggunakan gaya penulisan.

2. Tulislah agar enak dibaca, tidaklah perlu menggunakan EYD seperti masa sekolah
3. Saat menulis jangan memikirkan SEO, Menulis secara alami saja
4. Dalam satu paragraf sebaiknya berisi 2 hingga 4 baris, kalau bisa jangan lebih dari 25 kata
5. Tambahkan gambar terkait yang menarik
6. Berikan Title text dan alt text pada setiap gambar 
7. Tambahkan data-data pendukung
8. Perhatikan model font, ukuran huruf, jarak antar baris (jangan menggunakan yang sulit untuk dibaca)
9. Fungsikan Subheader untuk memperkecil artikel yang panjang
10. Periksa kembali artikel sebelum melakukan publikasi

Artikel panjang belum tentu berkualitas, Artikel berkualitas biasanya panjang. Karena itu buat artikel yang berkualitas.

Setelah mengetahui fungsi-fungsi icon editor blog kini Anda tentu sudah lebih siap untuk menulis artikel.

Baca juga artikel cara mudah posting artikel di blog untuk pemula

Ok.. sampai di sini dulu artikel cara membuat blog gratis sendiri untuk blogger pemula, Semoga dapat memberikan Anda manfaaat. Selamat ber-blogging... keep focus..dan salam sukses.